Senin, 17 Desember 2012

Cara Memasak Beras Merah (Brown Rice)

Mengapa Harus Beras Organik?




Hal ini untuk mencegah adanya kandungan senyawa toksik arsenik yang umumnya terkandung dalam beras yang dibudidayakan secara anorganik. Kadar rendah arsenik memang tidak akan menimbulkan penyakit akut, tetapi beresiko menimbulkan kanker dalam jangka panjang.

Manfaat mengkonsumsi Beras Merah.

Mengkonsumsi beras merah dalam jangka panjang, umumnya dapat membantu mengatasi beragam gangguan kesehatan dan dapat meningkatkan kebugaran tubuh serta dapat meningkatkan corak kulit. Efek menguntungkan lainnya sebagai berikut :
- Menurunkan kadar kolesterol jahat
- Mencegah penyakit jantung koroner
- Membantu menyehatkan jantung, terutama bagi wanita pasca – menopause
- Mengurangi resiko sindrom metabolik
- Mencegah kanker
- Membantu mencegah batu kemih
- Melindungi terjangkitinya asma pada anak anak
- Mengendalikan stress dan membantu tidur agar lebih nyenyak
- Meningkatkan “qi” dan stamina
- Mengurangi frekuensi buang air kecil pada malam hari
- Meningkatkan napsu makan
- Meningkatkan pencernaa dan mengatasi perut kembung
- Menghilangkan konstipasi
- Melancarkan sirkulasi darah
- Menghilangkan pegal pegal dan rematik
- Mengurangi perut gendut
- Meningkatkan corak kulit
- Mengingkatkan laju detoksifikasi
- Mengurangi sakit kepala dan migrain
- Meningkatkan pengaturan tekanan darah
- Menurunkan risiko diabetes dan meningkatkan kondisi diabetes

Cara memasak beras merah dengan rice cooker :
1. Cuci beras merah dengan air mengalir dan bersihkan kotoran yang bercampur di dalam-nya
2. Masukkan beras merah ke dalam rice cooker dan tambahkan air bersih dengan perbandingan air dan beras = 3:1 atau 2:1 (tergantung rice cooker anda).
3. Biarkan campuran tersebut di dalam rice cooker selama 30 menit sebelum memasaknya.
4. Nyalakan rice cooker, biarkan hingga matang. Sebelum dihidangkan, aduk nasi.

Cara Menyimpan yg benar
Memang, lapisan bekatul yang kaya minyak membuat beras merah tidak tahan lama atau mudah tengik pada suhu ruang. Namun, jika kita menyimpan dengan cara yang benar, beras merah ini dapat tahan hingga 1 tahun.

Cara menyimpan beras merah yang benar adalah diletakkan dalam wadah tertutup rapat dan disimpan dalam kulkas. Ya, jaman dulu hanya sedikit orang mengenal kulkas, tapi sekarang hampir tiap rumah memiliki kulkas, jadi tunggu apa lagi?

Sumber Tulisan : Buku real Food True Health halaman 23 – 29. Tulisan Dr. Ir. Muhammad Ahkam Subroto, M. App. Sc.

Memang sedikit berbeda dengan cara memasak beras putih biasa. Tapi bukan berarti sulit untuk memasak beras merah. Hanya saja kita harus tahu bagaimana cara memasak beras merah yang tepat agar tetap enak untuk dimakan dan tidak hilang kandungan gizinya. Masyarakat telah menyadari akan pentingnya gizi dan bagaimana menjaga kesehatan tubuh.


Oleh karena itu semakin banyak orang yang mencari tahu tentang makanan yang banyak mengandung gizi dan salah satunya adalah beras merah. Meskipun mereka tahu bahwa beras merah mempunyai sifat keras ketika dimasak tetapi karena mereka lebih mengutamakan manfaat hal tersebut bukan menjadi halangan.
Bentuk beras merah tidaklah jauh berbeda dengan beras putih. Yang membedakan hanya warnanya dan kandungan gizi serta manfaatnya, salah satunya adalah bisa mencegah kolestero. Beras merah juga banyak mengandung serat yang bagus untuk pencernaan dan untuk diet. Beras merah juga cukup lezat untuk dibuat bubur, nasi goreng, nasi uduk, atau dimakan seperti biasa bersama sayuran dan lauk pauk. Di samping itu, beras merah juga bisa dijadikan makanan tertentu atau dibuat camilan yang menarik.

Terus bagaimana cara memasak beras merah?
Untuk mendapatkan nasi beras merah yang enak untuk dimakan tanpa mengurangi kandungan nutrisinya, berikut cara memasak beras merah yang sekiranya bisa anda coba di rumah.

1. Memasak beras merah perlu waktu yang sedikit lebih lama dibanding beras putih biasa dan membutuhkan air yang lebih banyak. Hal ini disebabkan kandungan serat yang terkandung dalam beras merah cukup tinggi. Nasi beras merah bisa kurang matang/tanak dan masih keras jika masaknya hanya sebentar dan kurang airnya.

2. Cara memasak beras merah sebaiknya jangan menggunakan rice cooker karena dengan begitu nasi biasanya kurang matang dan masih keras. Ada baiknya menggunakan cara tradisional untuk memasak beras merah yaitu dengan di tanak atau direbus terlebih dahulu kemudian dikukus sampai matang.

3. Untuk mendapatkan nasi yang empuk dan lebih cepat matang, sebaiknya berah merah direndam terlebih dahulu sekitar setengah jam setelah beras merah dicuci bersih, tapi jika dirasa terlalu lama maka tidak perlu direndam juga tidak masalah.

4. Setelah beras merah dicuci bersih kemudian ditanak atau dimasak dengan air. Ketika menanak air yang digunakan lebih banyak dibanding menanak nasi biasa, tetapi jangan terlalu banyak khawatir justru akan menjadi lembek seperti bubur.

5. Ketika air yang digunakan untuk merebus beras merah tadi sudah habis itu tandanya nasi telah setengah matang. Nasi yang setengah matang tersebut kemudian dikukus menggunakan dandang atau kukusan. Panaskan air dalam dandang terlebih dahulu jika nasi ingin lebih cepat matang, kemudian masukkan nasi setengah matang tadi.

Hal yang harus diingat dalam cara memasak beras merah
Terkadang ketika memasak beras merah kita melakukan beberapa kesalahan yang akhirnya itu bisa mempengaruhi kualitas nasi. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam cara memasak beras merah yang baik.

Ukuran air yang digunakan untuk memasak. Terlalu sedikit air bisa menyebabkan nasi masih terlalu keras, tapi kebanyakan air juga bisa membuat nasi terlalu lembek. Jadi ukuran air harus diperhatikan. Sebagai contoh untuk memasak ½ cup beras merah dibutuhkan air 1 ¼ cup.

Memasak beras merah berbeda dengan memasak beras putih. Seperti telah dijelaskan di atas bahwa sifat dari beras merah berbeda dengan beras putih dimana beras merah lebih pulen.

Jangan menutup nasi terlalu lama. Dengan membiarkan nasi dalam keadaan tertutup setelah matang menyebabkan uap panas yang terkurung didalam alat memasak nasi tetap berputar sehingga proses pemasakan nasi tetap berlangsung. Hal ini bisa menjadikan nasi lebih lembek.

Usahakan jangan terlalu sering mengaduk. Proses pengadukan yang terlalu sering akan mengaktifkan kandungan pati pada nasi sehingga nasi akan menempel satu sama lain. Disamping itu juga akan mengakibatkan nasi menjadi lembek dan hancur bahkan bisa seperti bubur.

Ketika memasak jangan menggunakan api dengan temperatur tinggi. Saat air yang digunakan memasak telah mendidih, turunkan perlahan temperaturnya. Jika terlalu tinggi temperaturnya ketika memasak, air akan cepat menguap sedangkan beras belum matang sehingga nasi bisa cepat gosong. Sebaliknya jika temperaturnya rendah suhunya akan stabil dan nasi bisa matang dengan sempurna.

Dengan memperhatikan cara memasak beras merah yang baik seperti yang telah dijelaskan di atas, anda bisa mendapatkan nasi beras merah yang enak untuk disantap. Jika anda cocok, nasi beras merah bisa menjadi alternatif pengganti nasi putih biasa.

 Beras merah yang dulu hanya digunakan untuk bubur bayi, kini sudah umum digunakan untuk konsumsi sehari-hari, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Dari segi gizi dan kandungan seratnya, beras merah memang lebih baik dari beras putih yang telah biasa dikonsumsi masyarakat, namun teksturnya tidak seenak beras putih yang lunak, empuk dan tidak ada rasa yang dominan.

Sebenarnya kekurangan ini disebabkan karena beras merah butuh waktu dan air yang lebih banyak untuk mengembang ketika dimasak. Oleh karena itu, dengan cara memasak yang tepat, beras merah juga bisa lho menjadi pulen dan enak disantap. Berikut ini caranya.

1. Cuci beras merah seperti mencuci beras putih. Singkirkan beras merah yang masih belum lepas dari kulitnya.2. Panaskan air yang akan digunakan untuk menanak nasi dengan perbandingan air dan beras 4:1 (4 gelas air untuk 1 gelas beras merah).
3. Begitu air mendidih, masukkan beras, aduk-aduk sesaat. Kemudian tutup panci agar air mendidih kembali.
4. Buka tutup panci, masak dengan api medium sambil sesekali diaduk hingga air penanak hampir habis atau hingga nasi nampak setengah matang.
5. Tiriskan nasi setengah matang, kemudian kukus menggunakan dandang hingga matang.
6. Taburi garam halus sambil diaduk-aduk untuk memberikan sedikit rasa gurih pada nasi beras merah yang telah matang.

RESEP NASI MERAH BEEF TERIYAKI :

BAHAN :
• 200 g beras merah
• 100 g beras ketan
• 1 lembar daun pandan
• seujung jari jahe, memarkan
• 20 g kacang tolo, rendam sampai empuk
• 1/2 air
• 250 g daging has dalam, potong tipis (1/2 x 2 x 4 cm)/sukiyaki
• 3 sdm kecap kikkoman
• 2 sdm saus mirin
• 3 siung bawang putih, haluskan
• 1 sdt kecap manis
• 1 sdm saus tiram
• 2 x 3 cm jahe, haluskan
• gula pasir
• garam
• merica
Acar:
• 1/2 buah lobak
• 1 wortel sedang
• cuka/jeruk lemon
• gula pasir
• garam

CARA MEMBUAT NASI MERAH BEEF TERIYAKI :

1. Campur beras merah dan ketan. Cuci bersih.
2. Beni air hingga setengah jari di atas permukaan beras. Beni juga garam, jahe, dan daun pandan.
3. Aron nasi ketan sambil sesekali diaduk. Masak sampai airnya habis.
4. Masukkan kacang tolo. Aduk.
5. Kukus nasi ketan merah hingga matang.
6. Hidangkan nasi dengan teriyaki dan acar.
7. Rendam daging sapi dengan 2 sdm kecap kikkoman, saus mirin, bawang putih, kecap manis, saus tiram, jahe, gula
pasir, garam, dan merica selama 15 menit.
8. Tumis daging bersama bumbu perendamnya.
9. Beri sedikit air. Tambahkan garam dan merica. Koreksi rasanya. Tambah 1 sdm kecap kikkoman, saus tiram dan kecap manis.
10.Acar: Remas lobak dan wortel dengan sedikit garam hingga berair. Campur dengan bahan lain.
Untuk 5 porsi

FAKTA GIZI PERPORSI :
Kalori : 352 kal
Protein : 20,2 g
Lemak : 11,2 g
Karbohidrat : 53,6 g
Kolesterol : 32,2 mg
Serat : 0,7 g

1 komentar:

Entri Populer